Ratusan Pengungsi asal Afganistan lakukan demo lagi di depan Kantor Walikota Batam. Rabu, (22/12/2021). Dok. N/kb

Kepriberbicara.com, Batam – Para Pencari Suaka asal Afganistan kembali melakukan aksi demontrasi. Aksi ini telah dimulai sejak pukul 09.00 dengan berjalan kaki dari Bundaran Regata hingga ke depan Kantor Walikota Batam. Rabu, (22/12/2021) 

Dalam aksi unjuk rasa kali ini adapun hal yang menjadi tuntutan mereka dikatakan Daud Haudari salah satu Pendemo, masih sama dengan yang disampaikan saat aksi sebelumnya. 

“Kita udah dari jam 09.00 Pagi tadi, mulai dari Bundaran Regata sampe kesini. Kita disini masih seperti kemarin. Kita cuma mau minta tolong sama Walikota saja,” ucap Daud saat diwawancarai Awak Media.  

Melalui Aksi ini, Mereka meminta kepada Pemerintah kota Batam agar membantu memulangkan mereka ke Negara Tiga yang, yakni; Australia, Amerika Serikat, atau New Zealand. Terkait hal tersebut, Daud mengungkapkan, pihaknya sudah mengkomunikasikan hal itu ke pihak United Nation Hight Commissioner for Refugees (UNHCR), namun tak membuahkan hasil yang diharapkan. 

“Lebih dari beberapa Tahun Kita juga sudah ketemu UNHCR, tapi nggak ada yang jawab jelas kapan kita bisa ke Negara lain. Sampai sekarang tidak jelas, makanya kita minta bantu Pemerintah Indonesia. Tolong bantu kita! Tapi sampai sekarang nggak ada yang jawab,” ujarnya.

Aksi yang diikuti oleh ratusan Pengungsi ini akan berhenti setelah dijumpakan dengan Walikota Batam. Kepada Walikota, mereka ingin meminta hak sebagai manusia layaknya. Mereka berharap kepada Pemerintah kota Batam segera memberikan bantuan kepadanya. 

“Kita ada sekitar 400 Orang. Ada yg di Sekupang, ada yang di Kolekta. Disini kita nggak bisa kerja, anak-anak nggak bisa sekolah. Disini, hak Manusia nya kita juga nggak ada. Kita berharap yah bisa dibantu aja gitu,” ucap Dia. (N)